Bagaimana Rasanya Menjadi Seorang Ambassador DeFi?

Qori Ilmanudin
3 min readFeb 10, 2023

Menjadi seorang ambassador sebenarnya tidak pernah terpikirkan oleh saya sebelumnya. Ide ini saya dapatkan dari salah satu teman dunia maya yang menyarankan untuk mencoba berbagai peluang kerja di web3. Awalnya tentu saya sedikit ragu, tapi apa salahnya dengan mencoba?

Sebelumnya saya biasanya menulis artikel, mencoba testnet, dan airdrop. Secara kebetulan Primex Finance sedang berada pada posisi Public Beta Testnet. Setelah saya melakukan beberapa research secara tidak sengaja menemukan bahwa protokol ini membuka program ambassador.

Sempat berpikir akan kemampuan saya, apalagi mengenai bahasa inggris. Setelah berpikir beberapa menit saya memantapkan diri untuk benar-benar bergabung dengan Primex Finance.

Langkah Awal

Gambar yang anda lihat di atas adalah program dari ambassador Primex Finance. Betul sekali, saya berawal dari sana. Mengisi formulir “SUBMIT AN APPLICATION”. Tidak banyak syarat yang diperlukan tetapi salah satu yang penting adalah membuat video 30 detik mengenai motivasi bergabung (english) dengan program ini kemudian menguploadnya di Youtube atau Vimeo setelah proses pendaftaran selesai anda dapat menghapusnya. Selebihnya adalah proof-of-work yang dapat anda jawab sesuai dengan profil diri.

Apakah Saya Diterima?

Setelah sekitar dua hari menunggu email konfirmasi apakah saya dapat melanjutkan menjadi ambassador atau tidak akhirnya datang. Ternyata saya diterima. Beginilah penampakan email-nya:

Isi email tersebut adalah petunjuk mengenai apa yang harus saya lakukan selanjutnya. Setelah membaca petunjuk ternyata Primex Finance memiliki tingkatan atau ranking untuk program ini. Email ini menandakan bahwa saya resmi menjadi “ambasador magang”.

Untuk menjadi seorang ambassador tugas pertama saya selama bulan pertama adalah berkontribusi pada komunitas. Ide mengenai konten yang harus dibuat sudah dengan detail dijelaskan pada email tersebut oleh Primex Finance. Untuk itu saya memilih membuat artikel berupa “Mengenal Lebih Dalam Primex Finance”.

Setelah membuat artikel tersebut saya juga membuat beberapa postingan di twitter tapi untuk tugas bulan pertama terdapat satu aturan dimana hanya satu karya yang boleh dikirim pada formulir verifikasi. Saya memilih artikel medium di atas.

Setelah mengisi formulir supaya naik pangkat hehe, menjadi seorang ambassador saya menunggu sekitar empat hari. Ada email! saya diterima dan sekarang resmi menjadi ambassador.

Untungnya Primex Finance sudah menyertakan dengan detail ide-ide pembuatan konten, sedikit berbeda saat masih menjadi anak magang tentunya. Program ini mengharuskan ambassador melakukan kontribusi minimal 30 score.

Banyak cara berkontribusi, kita bebas berkreasi. Misalnya membuat meme, artikel, menerjemahkan artikel, konten sosial media, art, dll. Ambassador paling aktif selama satu bulan akan naik pangkat kembali menjadi senior ambassador.

Tantangan Menjadi Ambassador

Saya merasa tantangan terbesar berasal dari diri saya sendiri. Seringkali malas untuk mengerjakan sesuatu. Jika anda merasakan hal tersebut, itu bukan maksud saya heaaa haha. Membuat konten ambassador tidak harus setiap hari karena ini bukan merupakan pekerjaan full-time.

Contoh pengaturan pembuatan konten saya pribadi pada notion

Setiap ambassador program memiliki peraturan berbeda misalnya dibayar dengan menggunakan stable coin, governance token, NFT, alokasi presale, dll. Untuk sekarang saya masih dalam tahap beginner sehingga tidak terlalu berharap mengenai uang. Lebih kepada menambah pengalalaman dan proof-of-work.

Terima kasih telah membaca sampai akhir, jika anda menyukai tulisan saya jangan ragu untuk terus terhubung.

Web | Telegram | Twitter | Medium | Discord | Authors Page

--

--

Qori Ilmanudin

I like read a sample books from kinlde, makes me happy even though sometimes I can't fully read it haha. Enjoy my article frens.